Kampanye ataupun promosi barang atau jasa membutuhkan penentuan Media Iklan yang tepat manjadi bagian penting untuk dilakukan. Mnegingat bahwa cost yang diharus dikeluarkan untuk melakukan aktivitas advertising tidaklah sedikit. Oleh karena itu dalam melakukan propaganda maupun menyebarkan informasi melalui iklan yang dilakukan dengan cara benar-benar tepat akan menghasilkan keuntungan besar.

Pilihan Jenis Media Iklan

Media dalam penyajian iklanĀ  yang biasa kita kenal dapat kita kelompokan menjadi tiga jenis yaitu media elektronika, media offline dan media online. Media elektronika sejak dulu menjadi bagian dari sarana penebar informasi yang efektif, semisal radio yang muncul terlebih dahulu saat itu. Radio sangatlah bermanfaat sebagai media untuk mempromosikan iklan produk dan jasa tertentu sampai saat sekarang ini. Seiring perkembangan jaman media elektronik lainnya seperti televisi makin berkembang dan menjadi salah satu bagian media promosi iklan yang sangat efektif. keistimewaan dari televisi selain audio yang dapat didengarkan, juga layar visual dapat terlihat untuk mempertajam maksud dan tujuan dari iklan yang ditayangkan. Tak ayal jika marketplace online juga banyak yang menggunakan media elektronik televisi ini sebagai salah satu media iklan pemasaran.

Media Offline yang sering kita temui misalkan surat kabar, koran, majalah, pamflet, leaflet dan lain-lain. Sedangkan media online tersaji karena adanya teknologi internet yang kini sudah tidak asing lagi. Media penyaji iklan online misalkan website perusahaan dan produk atau jasa yang ditawarkan, pasang iklan melalui website iklan, marketplace, pemanfaatan gadget dan lain-lain.

Tips Tepat Memilih Media Iklan

Penentuan media untuk menyebarkan isi iklan memang tidaklah begitu rumit, asal memahami beberapa pertimbangan pokok yang wajib diketahui oleh para pemasar atau pengiklan. Keputusan yang tepat dan cepat akan dapat dilakukan apabila mengetahui beberapa hal yang akan kita ulas dibawah ini.

1. Menetapkan Anggaran

Anggaran untuk pemenuhan kebutuhan periklanan sangat penting ditentukan terlebih dahulu sebelum memilih media iklan yang akan digunakan. Besar kecilnya anggaran yang disiapkan inilah akan menentukan efektifitas penggunaan iklan dan hasil yang akan diperoleh. Kemudian dengan anggaran yang terhitung sebelumnya maka dapat menentukan media yang tepat dan lebih efisien untuk dipilih.

2. Menentukan Pangsa Pasar

Langkah penting bagi pengiklan atau marketing produk dan jasa adalan mampu menentukan segmen pasar yang ingin dicapai. sebagai salah satu pertimbangan misalkan menginginkan pasar luas secara nasional, maka penggunaan brosur, leaflet atau pamflet tidak akan tercapai secara maksimal. Setidaknya untuk mengiklankan secara nasional dibutuhkan media elektronika seperti televisi dan juga dukungan teknologi internet digital untuk mewujudkannya, misalnya pemasangan iklan murah di iklan lokal indonesia. Namun bila Anda ingin menyasar pasar lokal bersifat kedaerahan diwilayah tertentu secara tidak luas maka penggunaan media seperti banner, billboard, spanduk akan sangat membantu.

3. Merumuskan Konten Iklan

Konten atau Materi iklan yang akan disampaikan dapat memengaruhi pemilihan media, apakah perlu menggunakan media elektronik, online atau offline. Kemudian konten isi dari iklan tersebut apakah berbentuk tulisan saja, berupa gambar statis atau gambar yang bergerak digital, dan sebagainya. Bila ingin menuruti pasar sekarang ini, tentu gambar-gambar visual yang bergerak yang juga dapat mengeluarkan suara adalah opsi yang paling efektif. Namun demikian semua itu juga tetap memperhatikan budget anggaran yang tersedia.

4. Bekerja sama dengan Jasa Iklan

Pihak penyedia jasa advertising atau periklanan menjadi pilihan dan solusi tepat untuk mengatasi permasalahan personal atau perusahaan yang akan mengiklan jika belum memiliki tim tersendiri. Pihak penyedia jasa iklan bahkan dapat sekaligus menjadi konsultan hingga pelaksana secara teknis di lapangan yang menyelesaikan promosi dari pengiklan. Bahkan untuk isi iklan dapat juga dibantu untuk membuatkannya sesuai konsep yang ada dari pemohon iklan, baik isi kalimat, gambar, bahkan audio dan visualnya.

Kesimpulan Pilihan Media iklan yang Tepat

Empat tips sederhana ini sekiranya bisa menjadi bahan acuan kita bersama dalam proses memilih media apa yang paling tepat untuk promosi usaha dan jasa. Dalam berpromosi maka penggunaan media yang tepat dapat menyesuaikan dari besarnya anggaran yang disiapkan dan perumusan sasaran pasar yang akan dijangkau. Tak kalah pentingnya adalah konten atau materi yang akan disampaikan dan pilihan penampilan iklan sesuai media iklan yang terpilih.