Akuntan keuangan independen sektor LPD-BPR-Koperasi di BALI

 Jasa / Posting 4 minggu lalu oleh Nelson Lima / 9 dilihat

Rp. 12.999.337,00

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menyarankan agar Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali memperkuat sistem manajemen mereka.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, mengatakan hambatan utama yang dihadapi oleh LPD adalah masalah penyaluran kredit yang disebabkan oleh keterbatasan sumber daya manusia.

Selain itu, LPD yang desa pakramannya memiliki penduduk yang lebih sedikit dan dengan aktivitas ekonomi yang rendah, perkembangan LPD cenderung relatif terhambat dibandingkan dengan LPD yang mempunyai jumlah nasabah yang lebih banyak.

“Dari sisi persaingan, saat ini telah tumbuh koperasi di tingkat Banjar yang menjadi salah satu pilihan atau alternatif masyarakat Bali dalam melakukan pinjaman ataupun menabung. Namun, manfaat keberadaan koperasi untuk LPD ini adalah dapat dijadikan sebagai mitra LPD dalam penyaluran dana,”

Dia menambahkan dalam penelitian terhadap LPD di Bali yang dilakukannya juga ditemukan bahwa keterbatasan modal menjadi permasalahan dalam pengembangan LPD. Hal tersebut terlihat dari LPD yang kurang sehat umumnya mempunyai modal yang minim dan dengan nilai aset di bawah Rp0,5 miliar.

“Sebagai lembaga keuangan yang didirikan dan tumbuh berbasis adat, LPD perlu memperkuat manajemen internal melalui peningkatan profesionalisme manajemen yang tetap berbasis pada adat. Upaya ini ditujukan untuk memperkecil kesenjangan kapasitas manajemen antar LPD,”

Selain itu, LPD perlu memiliki keseragaman dalam penggunaan sistem teknologi informasi lembaga keuangan agar memudahkan dalam pengelolaan akuntansi dan konsolidasi laporan keuangan.

“Untuk meningkatkan peran LPD, perlu dirintis program pelatihan kewirausahaan, pendampingan, dan konsultasi usaha yang pada akhirnya akan meningkatkan peluang penyaluran dana melalui kredit yang berbasis pengembangan ekonomi wilayah. Selain itu, peningkatan penggunaan teknologi informasi dalam operasional LPD juga akan mendorong peningkatan efisiensi serta memastikan peningkatan kualitas layanan operasional LPD,”.

Akuntan Nelson Group sebagai pusat informasi Akuntansi-Auditing independen-Taxation services yang berkantor pusat di BALI Denpasar dgn perwakilan di JAKARTA, akan senantiasa membantu para LPD-BPR-Koperasi di BALI & JAKARTA yang mengalami kendala pada pembukuan laporan keuangan ataupun merapikan laporan keuangan dengan auditor independen akuntan publik register.

Informasi dan konsultasi silakan langsung hubungi / datang ke kantor kami :
Akuntan Nelson Group
0818-0828-9010 / 0812-3778-2403
LOBI SASMARA APARTMENTS
Jalan Pura Banyu Kuning Denpasar
Senin-Jumat jam 09-18
Bapak Nelson SE.,CA

PERWAKILAN : Perumahan Taman Surya – daanmogot jakarta barat

Detail Pengiklan

Pura Banyu KuningDenpasar Kota,Bali  Tampilkan Nomor *****

Hubungi Pengiklan

Silahkan, Login untuk menghubungi pemilik iklan ini.